5 Cara Menggunakan HP Android Sebagai Kamera Atau WebCam Di PC dan Laptop

Teknosia – Kebutuhan akan sebuah webcam dengan kualitas gambar yang bagus sedang banyak dicari, karena memang rapat online sedang gencar – gencarnya. Penggunaan HP android sebagai webcam di PC Atau Laptop ternyata juga bisa dijadikan pilihan loh.

Kenapa menggunakan HP android dan tidak menggunakan kamera webcam bawaan Laptop itu sendiri. Karena menghubungkan HP sebagai webcam atau kamera untuk laptop dan PC memiliki hasil rekaman gambar lebih cerah dan menarik dibanding kamera bawaan laptop.

Namun hal ini tergantung dari laptop yang kalian miliki, untuk laptop dengan harga yang cukup yahut sih saya kira, kualitas kamera webcamnya juga udah bagus hehehe.

Pilihan lagi kenapa tidak beli kamera webcam khusus, mungkin bagi beberapa orang dengan budget lebih bisa membeli kamera webcam asli, lalu bagaiman dengan mereka yang punya budget pas – pas an. Tentu menggunakan yang ada dulu seperti HP Android sebagai webcam adalah pilihan yang tepat untuk ngirit bukan.

Baca juga : Daftar HP Xiaomi Dapat Update MIUI 13, Poco Juga Dapat

So udah penasaran bagaimana cara menghubungkan HP Android Sebagai Kamera Webcam PC atau Laptop. Simak dibawah ini :

Aplikasi Menghubungkan HP Android Untuk Webcam

1. IPWebcam

Adalah IP Webcam aplikasi pertama yang kami kenalkan untuk anda sebagai penghubung HP Android ke PC/Laptop Sebagai kamera. Sama seperti Droidcam, aplikasi ini sudah cukup lama dikembangkan, sehingga tampilan antarmukanya terlihat tak sebaru aplikasi lainnya.

Akan tetapi, aplikasi ini masih dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Kamu dapat menggunakan aplikasi ini sebagai salah satu alternatif dari aplikasi yang ada.

Uniknya, IPWebcam dapat digunakan untuk menyambungkan smartphone Android ke laptop bersistem operasi Linux.

Download IPwebcam

2. ivCam

Selanjutnya adalah Ivcam dimana aplikasi cocok buat kamu yang pengen menggunakan HP sebagai webcam dengan jaringan Wifi yang ada dirumah kamu.

Baca juga : Aplikasi Android Penghasil Doge Coin Gratis 100% Asli bukan Scam

Selain di instal di HP, Ivcam juga wajib di instal di PC yang akan kamu gunakan. Mantapnya aplikasi mendukung Android serta iPhone. So buat kalian yang punya ipHone juga bisa menggunakan hp nya sebagai webcam.

Download ivCam

3. EpocCam

Selanjutnya, aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk menjadikan smartphone-mu sebagai webcam adalah EpocCam.

Dengan fungsi dan fitur yang hampir sama, EpocCam dapat menjadi alternatif. Hal ini berlaku terutama jika kamu pengguna MacOS.

Aplikasi ini dapat mendukung berbagai sistem operasi seperti Android dan iOS di smartphone, serta Windows dan MacOS untuk PC atau Laptop.

Download Epoccam

4. DroidCam

Screenshot 261

Terakhir Aplikasi HP Android to Laptop WEbcam adalah Droidcam. Saya pikir aplikasi ini yang paling banyak digunakan. Karena kemudahan instalasi dan penggunaan.

Baca juga : Cara Dapat Uang Dengan Tiktok Lite 100% Work

Aplikasi ini bisa dibilang sudah dikembangkan cukup lama, sehingga memiliki tampilan antarmuka yang relatif tak seapik aplikasi lainnya.

Meskipun begitu, aplikasi ini memiliki fitur yang dapat mempercantik penampilanmu. Pengaturan koneksinya pun cukup mudah, kamu bisa menggunakan jaringan Wi-Fi atau USB.

Download Droidcam

5. Mobiola WebCamera

Screenshot 260

Terakhir adalah Mobiola Webcamera, Aplikasi ini sayangnya dikhususkan untuk mereka yang memiliki perangkat Apple iPhone sebagai pengganti Webcamnya.

Mobiola WebCamera juga mendukung beberapa aplikasi video call populer seperti misalnya Zoom, Skype, FaceTime, Google Hangout, dan masih banyak lainnya yang bisa kamu gunakan.

Nah, untuk cara menghubungkan kamera iPhone ke laptop menggunakan aplikasi Mobiola WebCamera, berikut adalah langkah-langkahnya:

Download aplikasi Mobiola WebCamera di URL https://www.mobiola.com/ dan install di laptop dan iPhone/iPad milikmu.

Buka aplikasi Mobiola yang terinstall di laptop, lalu atur ke mode Bluetooth.

Lakukan juga hal yang sama pada aplikasi Mobiola di HP.

Pilih nama bluetooth yang sesuai pada laptop/PC, kemudian klik Start untuk memulainya.

Sampai di tahap ini, maka kamu pun sudah berhasil menyambungkan kamera iPhone ke laptop.

 

Nah Itu tadi 5 Cara Menggunakan HP Android Sebagai Kamera Atau WebCam Di PC dan Laptop dengan mudah, semoga artikel ini bisa membantu kalian mengirit budget daripada harus beli perangkat webcam tersendiri. Jika berkenan bisa membagikan artikel kepada mereka yang membutuhkan ya gaes. terima kasih sudah membaca, sampai jumpa lagi.