Mengatasi Facebook Lemot

Jaman sekarang siapa yang tidak mengenal facebook? ya sebuah jejaring sosial nomor satu di dunia. Tidak heran jika jejaring sosial ini memiliki pengguna yang sangat banyak sekali. Sampai artikel ini di buat setidaknya aplikasi facebook ini sudah di download oleh 5 juta kali, sungguh jumlah yang sangat fantastis untuk sebuah aplikasi jejaring sosial. 

Bagi kamu yang menggunkan facebook sebagai medsos Utama pastianya akan menemukan masalah yakni aplikasi ini facebook ini terasa lemot, masalah yang serting terjadi bagi penggunanya.

Berikut Beberapa Tips Untuk mengatasi Facebook lemot :

Tutup Apliksi Yang Berjalan Dibelakang Layar

 tutup aplikasi

Semakin banyak aplikasi yang berjalan di belakang layar maka akan semakin banyak memakan resourch di Handphone kamu, selain RAM juga CPU akan terpakai lebih banyak, yaa meskipun kamu tidak menggunakan aplikasi tersebut. Maka dari itu perlu di berhentikan aplikasi aplikasi yang berjalan di belakang layar.

Caranya pencet tombol recent apps, lalu klik close, dan secara otomatis semua aplikasi akan menutup. Dan silahkan buka kembali aplikasi facebook

Hapus Cache Aplikasi Facebook

 hapus chache

Tidak hanya manusia yang menghasilkan sampah, aplikasi pun ternyata menghasilkan sampah di sistem Android, setiap aplikasi yang terinstall pasti akan meninggalkan sampah, terlebih jika aplikasi tersebut sering kamu buka, dan ternyata semakin lama aplikasi tersebut di gunakan maka akan semakin menumpuk file cache tersebut, hal ini akan membuat efek buruk bagi aplikasi yakni akan membut aplikasi menjadi lemot.

Untuk menghapus cache Buka pengaturan, klik pada manager aplikasi, lalu pilih aplikasi Facebook, kemudian klik hapus cache.

Hapus Cache Semua Aplikasi

Screenshot 2021 05 04 23 52 13 33

 

Bila langkah kedua diatas tidak memberikan efek apapun coba dengan menghapus semua cache aplikasi. Sebenarnya untuk menghapus seluruh cache aplikasi bisa dilakukan secara manual, yaitu dengan menjalankan langkah ke dua, Pilih aplikasi yang ingin di hapus cachenya lalu tekan hapus cache, namun ini akan memakan waktu yang sangat lama, terlebih jika aplikasimu terlalu banyak, sebagai alternati terbaik kamu bisa menggunakan aplikasi CCleaner, CleanMaster, dan aplikasi sejenisnya untuk menghapus seluruh cache aplikasi

Hapus data

Menghapus data berarti menghapus seluruh data di aplikasi facebook, termasuk history, data yang tersimapan di facebook, dan cache, sebelum melakukannya pastikan kamu ingat email dan password facebook kamu.

buka pengaturan, pilih manage aplikasi, atau aplikasi, kemudian buka Facebook, klik penyimpanan dan hapus data.

Update aplikasi Facebook

Dengan menggunakan aplikasi terbaru berarti kamu sedang menggunakan aplikasi yang sudah di di sempurnakan oleh developernya. Sehingga aplikasi yang kamu gunakan setelah update itu adalah versi terbaik saat ini, yang pastinya telah di sempurnakan bagian kecepatan aplikasi.

Restart HP

 restart hp
Restart HP

Restart HP juga dapat membuat seluruh aplikasi berjalan dengan fresh, sehingga dapat menjalankan aplikasi dengan lancar, termasuk aplikasi facebookmu itu.

Update OS Android

Update Android
Update Android

Jika kamu tidak pernah update OS, bisa jadi aplikasi Facebook tidak bisa berjalan sempurna di OS tersebut dan membuatnya lemot. Maka dari itu update lah OS androidmu

Gunakan Facebook Lite

Karena facebook lite ini terkenal dengan penggunaan resourch yang cukup kecil termasuk ram dan cpu, maka bisa di pastikan facebook lite lebih cepat dibanding facebook biasa